Selasa, 25 September 2012

PENGORGANISASIAN KEGIATAN KELOMPOK


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dalam kegiatan perkuliahan mahasiswa/mahasiswi khususnya di Prodi D III Kebidanan Purwokerto Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang tidak pernah lepas dari tugas kuliah, baik berupa pembuatan makalah maupun role play. Hampir setiap dosen pengampu mata kuliah yang ada selalu memberikan tugas baik individu maupun kelompok. Untuk untuk tugas kelompok tidak selalu anggotanya dipilih berdasarkan nomer urut absen, tetapi juga di lakukan secara acak oleh seksi pendidikan mata kuliah yang bersangkutan, seperti contohnya  kelompok tugas mata kuliah Psikologi.

B.    Tujuan
1.     Mengetahui langkah-langkah dalam penyelenggaraan kegiatan kelompok.
2.     Mengetahui kegiatan-kegiatan yang ada dalam perencanaan pengorganisasian.







BAB II
ISI


A.    Merencanakan Masalah
Dalam kegiatan kelompok ini masalah yang dibahas adalah mengenai pembuatan makalah dan skenario roleplay tentang psikologi dalam persalinan. Sebelumnya kami merencanakan apa-apa saja yang akan di bahas dalam makalah tersebut, seperti pengertian persalinan, karakteristik/ciri-ciri persalinan, proses perubahan fisik, keadaan dan perubahan psikologi, faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan psikologi, adat kebiasaan melahirkan yang mempengaruhi persalinan, masalah-masalah psikologi yang sering terjadi, pengelolaan gangguan psikologi secara umum, serta peran bidan dalam pengelolaan gangguan psikologi.

B.    Peserta
Peserta dalam kelompok Psikologi ini adalah Amalia Nur Umami, Fajriatul Jannati Solikhah, Listianingrum, Sujia Purwaningsih, dan Widhia Lestari.

C.    Sasaran Kegiatan
Dengan adanya pengorganisasian kelompok ini diharapkan agar tugas makalah dan role play Psikologi dapat terselesaikan tepat waktu.

D.    Waktu Pelaksanaan dan Tempat Kegiatan
Kegiatan kelompok ini dilaksanakan pada jam istirahat kuliah/ jam kosong kuliah dan sepulang kuliah. Kegiatannya dilakukan di kampus dan di tempat kost dari salah seorang anggota kelompok.

E.     Pelaksanaan Diskusi
Dalam pengerjaan tugas makalah dan role play tentang psikologi dalam persalinan ini kami saling bertukar informasi, dan kami berbagi tugas untuk masing-masing anggotanya, antara lain :
1.     Amalia Nur Umami          : mengetik materi,
2.     Fajriatul Janati Solikhah  : mencari materi, mengetik materi, mengeprint makalah
3.     Listianingrum                   : mengetik materi, konsul makalah
4.     Sujia Purwaningsih          : mencari materi, mengetik materi, konsul, ngeprint makalah
5.     Widhia Lestari                  : mencari materi, mengetik materi, membuat powerpoint
Setelah kami mendapatkan tugasnya masing-masing, kami dengan segera menyelesaikan tugas tersebut. Kemudian masing-masing anggota menyetorkan tugasnya kepada salah seorang yang meng-handle kegiatan pengorganisasian kelompok ini yaitu Sujia Purwaningsih untuk disatukan/dirangkai hasil-hasil dari anggota kelompok menjadi makalah, untuk kemudian di print dan di konsulkan ke Ibu Suparmi.
Pada konsulan yang kepertama kalinya, makalah tersebut masih perlu di revisi kembali karena ada materi/pokok bahasan yang belum dibahas dalam makalah tersebut. Lalu kami berbagi tugas kembali untuk merevisi makalah tersebut, untuk kemudian dikonsulkan kembali, sampai akhirnya makalah dan skenario role play tentang psikologi pada persalinan tersebut di ACC.
Kemudian kami membagi tugas kembali untuk pelaksanaan presentasi. Pembagiannya antara lain sebagai berikut :
1.     Amalia Nur Umami          : sebagai operator dan notulen
2.     Fajriatul Janati Solikhah  : sebagai moderator dan penyaji
3.     Listianingrum                   : sebagai penyaji
4.     Sujia Purwaningsih          : sebagai penyaji
5.     Widhia Lestari                  : sebagai penyaji

F.     Media yang digunakan
Media yang digunakan dalam kegiatan kelompok ini antara lain laptop, modem, buku-buku referensi, buku dan alat tulis.

G.    Jenis pencarian kelompok yang digunakan
Dalam pencarian anggota kelompok Psikologi dilakukan secara acak oleh seksi pendidikan Psikologi yaitu Hafiz Ahki Rasikhoh dan Meitri Ruliati.

H.    Evaluasi Kegiatan
Tugas pembuatan makalah dan role play Psikologi ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya sesuai dengan harapan, meskipun dalam proses pembuatan makalah dan skenario role play ini sempat mengalami kendala, akan tetapi semua kendala tersebut tidak menjadikan penyelesaian tugas Psikologi ini menjadi tidak tepat waktu.









BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Pengorganisasian kegiatan kelompok adalah kegiatan yang dilakukan oleh kelompok atau sekumpulan orang-orang yang saling berkomunikasi untuk saling bertukar informasi dan mempunyai tujuan keberhasilan yang sama.
Dalam pengorganisasian kelompok ini tidak selalu berjalan mulus, akan tetap ada masalah-masalah/kendala-kendala yang terjadi dalam pencapaian tujuan, namun itu semua tidak menjadi penyebab untuk dapat menyelesaikan tugas tidak tepat pada waktu yang telah ditentukan.

B.    Saran
1.     Sebaiknya dalam melakukan pengorganisasian kegiatan kelompok mempunyai salah seorang pemimpin untuk meng-handle kegiatan kelompok tersebut.
2.     Sebaiknya dalam pengorganisasian kelompok terjalin komunikasi kelompok yang baik.
3.     Sebaiknya dalam penyelesaian tugas kelompok dibagi tugas masing-masing anggota kelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar